KPU Kabupaten Sumbawa Barat Hadiri Kegiatan Rapat Koordinasi Bidang Kepegawaian / SDM Tahun 2019

Sembalun – Dalam rangka peningkatan pengelolaan sumber daya manusia (SDM), KPU Kabupaten Sumbawa Barat mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Bidang Kepegawaian/SDM yang dilaksanakan oleh KPU Propinsi Nusa Tenggara Barat yang berlangsung dari tanggal 26 sampai dengan 28 Oktober 2019 di Hotel Nusantara Sembalun Lawang-Lombok Timur.
Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Ketua Divisi Keuangan, Umum dan Logistik (Deni Saputra), Ketua Divisi SDM (Herman Jayadi), Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan (Deni Wan Putra) dan Plt Sekretaris (Eva Febriany).

Terdapat dua materi penting yang menjadi isi kegiatan Rakor tersebut, pertama kebijakan bidang SDM KPU dengan pemateri anggota KPU RI dan Sekjen KPU RI. Kedua, Simulasi Ajudikasi Penanganan Kasus Kode Etik oleh badan Adhoc Berdasarkan PKPU 8/2019 Tentang Tata Kerja Komisi Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum Provinsi dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota yang difasilitasi oleh seluruh anggota KPU provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan Rapat Koordinasi Bidang Kepegawaian tersebut dibuka langsung oleh ketua KPU Provinsi NTB Suhardi Soud, SE.
pada sambutannya Ketua KPU Propinsi NTB menyampaikan kepada masing-masing penyelenggara Pemilu di tingkat Kabupaten/Kota agar melakukan penilaian terhadap rekan-rekan penyelenggara Pemilu ditingkat adhoc agar Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 yan akan datang bisa menjadi lebih baik dari Pemilu 2019.
“Tentu kita tidak ingin jatuh di lubang yang sama. Jadi kami berharap agar teman-teman KPU tingkat Kabupaten/Kota agar berani mengeksekusi kalau ada yang tidak Credible lagi di penyelenggara adhoc” Ucap Ketua KPU Provinsi tersebut.

Di dalam kegiatan tersebut Anggota KPU RI Ilham Saputra menekankan kepada komisioner KPU tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk memperkuat SDM dan agar selalu melaksanakan pleno minimal satu kali seminggu.
“Kadang permasalahan diantara teman-teman ini karena kurangnya komunikasi. Komunikasi dibangun, tapi tidak diplenokan, komunikasi dibangun, tapi dipendam dalam hati masing-masing”. Ucap Ilham Saputra. Penyampaian materinya kemudian ditutup dengan pesan pentingnya sinergitas sekretariat dan komisioner

Pada kesempatan lain Sekjen KPU RI Arif Rafman Hakim menyampaikan agar seluruh anggota KPU bisa berkomitmen untuk melaksanakan Pemilu yang Luber dan Jurdil dengan mengedepankan nilai-nilai profesionalitas dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Setelah mendapat pengarahan, di hari berikutnya peserta rakor melakukan simulasi ajudikasi penanganan kasus kode etik oleh badan adhoc dengan membagi peserta ke dalam 2 kelompok. Dalam melakukan simulasinya, setiap kelompok di fasilitasi oleh anggota KPU Propinsi NTB kemudian membantu menyimpulkan hasil simulasi setiap kelompok. Acara rakor pada hari ketiga, di tutup dengan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 91 Tahun 2019 (Senin, 28 Oktober 2019) Pukul 08.00 WIta di Halaman Hotel Nusantara. Kegiatan rapat koordinasi bidang kepegawaian/SDM tahun 2019 ini sangat bermanfaat untuk memperkuat kapasitas penyelenggara Pemilu Kabupaten/Kota yang saat ini tengah mempersiapkan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *