KPU KSB Sosialisasi Kepada Pemilih Pemula

Sumbawa Barat-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa Barat menjadi narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Pilkada/Pemilu Bagi Pemilih Pemula yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri (Bakesbangpol) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Kegiatan dilaksanakan  pada kamis (06/02), bertempat di aula kantor Bakesbangpol KSB.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat Fud Syaifuddin, Ketua KPU KSB Denny Saputra, Kaseg Binmas Polres Sumbawa Barat Iptu Ruslan Tayeb serta menghadirkan peserta perwakilan dari seluruh SMA/SMK se KSB sebanyak 130 orang.

Kepala Badan Bakesbangpol KSB Abdul Hamid dalam sambutannya menyampaikan tema acara tersebut adalah  “Membangun Partisipasi Pemilih Pemula Dalam Mensukseskan Pilkada Serentak Tahun 2020 yang Damai, Santun dan Berintegritas”. Ia juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh peserta yang hadir dan meminta agar mendengarkan secara seksama apa yang akan disampaikan oleh narasumber.

 

“Sosialisasi ini dalam rangka menjalankan amanat Undang-Undang, selain itu juga memberikan sosialisasi tentang pentingnya pemilihan untuk menciptakan pemilih yang cerdas santun dan berintegritas dan yang paling penting adik-adik sebagai pemilih pemula bisa megetahui mengenai hak dan kewajibannya” Kata Abdul Hamid dalam sambutannya.

Selanjutnya Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat Fud Syaifuddin dalam sambutannya mengatakan apresiasi kepada penyelenggara dan narasumber yang hadir.  Kegiatan ini sangat baik untuk memberikan edukasi penguatan nilai-nilai demokrasi bagi pemilih pemula karena pemilih pemula akan menjadi tombak estafet kepemimpinan kedepan. Ia menilai jika gagal memberikan sosialisasi pada saat ini maka pergerakan menuju demokrasi yang lebih baik akan semakin lama bisa diwujudkan.

 

“ Kami ini ada eranya, nanti ada masanya kalianlah yang akan memimpin kami, untuk itu belajar, belajar dan terus belajar agar anak-anakku sekalian yang saya cintai bisa memimpin kami dengan bijaksana dan berintegritas kelak jika sudah datang masanya” pesan Fud Syaifuddin dalam sambutannya.

Sementara Ketua KPU KSB Denny Saputra meyampaikan materi tentang penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat tahun 2020 yaitu mengenai tahapan

pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, peraturan-peraturan terkait penyelenggaraan pemilu, penyelenggara pemilu, tugas dan fungsi KPU, hak dan kewajiban pemilih serta syarat pasangan calon baik dari jalur partai maupun non partai.

“ Dalam pemilihan ini semua elemen harus bekerjasama untuk menciptakan pemilihan yang demokratis, aman, damai dan transparan termasuk teman-teman yang hadir hari ini. Kami berharap setelah mendengar pemaparan tadi, tidak ada lagi yang bersifat apatis. Hampir semua sekolah yang hadir  hari ini pernah kami datangi untuk sosialisasi dalam program Pilkatos, semoga apa yang kami sampaikan bisa menambah pemahaman dan bisa lanjut menjelaskan jika ada kerabat atau masyarakat yang bertanya tentang pemilu ataupun pilkada’’ kata Denny Saputra.

Sementara Iptu Ruslan Tayeb menyampaikan materi tentang Pilkada langsung dan tantangan Polri dalam penegakan hukum dan Cipta sistem kamtibmas.

 

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *